Rabu, 23 Mei 2012

Proses Terjadinya Hujan Es


Dua per tiga dari bumi kita ini mengandung air dan sisanya adalah daratan. Air itu tersimpan dalam banyak wadah seperti samudera, lautan, sungai, danau, sampai ke bak mandi hehe… eh jangan lupa tubuh kita ini juga mengandung banyak air lho.

Nah air yang ada di berbagai wadah tersebut (tapi nggak termasuk bak mandi) akan mengalami penguapan atau evaporasi dengan bantuan matahari. Oya, tak lupa juga air yang ada di daun tumbuhan ataupun permukaan tanah.

Proses penguapan air dari tumbuh-tumbuhan itu dinamakan => transpirasi. Kemudian uap-uap air tersebut akan mengalami proses kondensasi atau pemadatan yang akhirnya menjadi awan. Awan-awan itu akan bergerak ke tempat yang berbeda dengan bantuan hembusan angin baik secara vertikal maupun horizontal.

Awan yg mengandung uap air tertiup angin ketempat yg dingin, mencapai dew point / titik embun, lalu mengembun, dan karena beratnya, kemudian jatuh sebagai hu jan. Saat telah mengembun itu, sudah jadi air, lalu tertiup oleh angin thermis yg naik, keketinggian dgn temperatur diba wah freezing point, embun tersebut lalu akan membeku menjadi es, dan akan jatuh kebawah. Karena ikatan antar molekul es selaku benda padat jauh lebih kuat dari ikatan antar molekul air, maka es tersebut lalu jatuh dlm bentuk yg tidak beraturan, bisa sebesar kepalan tangan. Inilah fenomena terjadinya hujan es. Masih untung bahwa es tersebut tidak sempat terbang lebih tinggi lagi, kalau iya, bisa2 jatuh keBumi dlm ukuran es balok! he he! Terjadi di daerah tropis seperti di Indonesia, sebab, angin thermis yg bertiup naik vertikal, adanya terutama didaerah tropis, dan subtropis (Filipina).

3 komentar:

  1. Postingan yang menarik sekali Gan..hehehe
    Dah lama banget nie Pengen tau alesannya npa kok bisa terjadi hujan es ..soalnya pernah ngalamin nieh .. hehehe..

    makasih Iaa,, jd gak penasaran lg dwech ama 2 hujan es..

    BalasHapus
  2. Weh hujan es di surabaya ada gk yah?
    hahaha :D

    BalasHapus
  3. @Cicik : iya sama-sama ;D

    @Aisyah: sepertinya sampai saat ini belum ada dan kalau bisa jangan sampai ada. hahaha :D

    BalasHapus